Tahapan Audit Dalam Laporan Keuangan Sebuah Perusahaan

Saat ini banyak perusahaan yang membutuhkan adanya jasa audit yang profesional dan berkualitas. Mengingat keberadaan audit ini sangat dibutuhkan oleh pihak perusahaan untuk mengetahui kondisi keuangan sebuah perusahaan. Tentunya laporan keuangan yang sudah diaudit maka bisa memberikan sebuah informasi tentang kewajaran penyampaian laporan keuangan. Apakah sudah sesuai dengan ketentuan yang berlaku atau belum.

https://auditakuntansi.com/

Seiring persaingan di dunia bisnis maka sebuah perusahaan perlu melakukan audit laporan keuangannya. Terlebih perusahaan anda merupakan salah satu perusahaan yang sedang berkembang. Ketika laporan keuangan anda tidak segera diaudit maka kemungkinan besar masih ada kesalahan. Jadi sebuah laporan keuangan yang belum diaudit ini tingkat kepercayaannya masih kurang. Bahkah kalau ada pihak perusahaan lain yang ingin menanamkan saham, maka laporan keuangan anda harus segera diaudit.

Tahapan Jasa Audit Dalam Menyusun Laporan Keuangan Perusahaan

Jadi kita ketahui bersama bahwa kegiatan ini merupakan sesuatu yang sistematis maka dalam melakukan audit laporan keuangan ini dibutuhkan beberapa tahapan. Penasaran apa saja tahapannya? Berikut ini penjelasannya :

  • Menerima perikatan audit

Tahap pertama yang dilakukan oleh jasa audit adalah melakukan sebuah kesepakatan antara pihak audit dan perusahaan. Sehingga kesepakatan ini harus disetujui bersama, kemudian pihak klien akan menyerahkan laporan keuangan kepada auditor untuk menyanggupi audit laporan keuangan yang sesuai dengan kompetisinya.

  • Rencana proses audit laporan keuangan

Pada tahapan ini pihak auditor harus memahami berbagai kegiatan bisnis klien. Mulai melakukan prosedur analitik dan kemudian menentukan materialitas. Selanjutnya juga menetapkan resiko dari audit dan resiko bawaan. Setelah itu pihak audit juga harus mengembangkan rencana dan program yang tepat. Dalam proses perencanaan ini harus memiliki poin lain yang bisa dikerjakan. Sehingga semua rencana ini bisa dibuat dengan benar dan lebih tepat.

  • Pelaksanaan pengujian audit

Ketika anda sudah melakukan perencanaan yang tepat maka kini waktunya anda melakukan pengujian. Tahap pengujian ini mulai dari analitik, pengendalian dan substantif.

Demikianlah penjelasan singkat mengenai tahapan audit dalam laporan keuangan perusahaan. Agar kondisi keuangan perusahaan tetap baik maka anda harus melakukan pengelolaan uang dengan baik. Agar anda lebih mudah melakukan pengelolaan uang perusahaan maka bisa menggunakan jasa audit yang profesional dan terpercaya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *